7 Ayam Hias ini Bisa Dijadikan Peliharaan Rumahan

- Selasa, 20 Juli 2021 | 11:40 WIB
Ayam kalkun Black Spanish, mudah jinak dan berwarana cantik.
Ayam kalkun Black Spanish, mudah jinak dan berwarana cantik.

 

Kicaukicau - Ayam hias memiliki berbagai keunikan mulai dari warna bulu, suara, hingga bentuk postur tubuh. Merawat ayam hias tidak berbeda jauh dengan merawat ayam pada umumnya.

Selain mudah dirawat ayam juga mudah dikembangbiakkan, selain itu ayam relatif lebih mudah jinak dan ramah dengan lingkungan tempat tinggal. 

Memelihara ayam hias bisa menjadi salah satu kegiatan atau hobi yang menyenangkan. Berikut beberapa jenis ayam hias yang bisa dijadikan peliharaan sehari – hari.

1. Ayam cemani, ada dua jenis ayam cemani walik dan cemani biasa. Ayam cemani berasal dari Indonesia, namun saat ini keberadaannya mulai langka.

Ciri khas ayam ini seluruh tubuhnya berwarna hitam termasuk organ hingga warna darah. Beberapa orang mempercayai ayam cemani sebagai media penangkal ilmu hitam.

Baca Juga: Beda Perkutut Lokal dan Perkutut Bangkok

2. Ayam serama, ayam ini berasal dari Malaysia. Ayam ini bertubuh mini atau kecil dengan tembolok yang membusung kedepan sehingga terlihat menggemaskan.

Ayam serama yang diikutkan lomba dikategorikan berdasarkan bobot tubuh, kelas A berat rata – rata 350 gram, kelas B berat rata – rata 500 gram, dan kelas C berat rata – rata 600 gram.   

Halaman:

Editor: Endar Wardhana

Tags

Terkini

7 Ayam Hias ini Bisa Dijadikan Peliharaan Rumahan

Selasa, 20 Juli 2021 | 11:40 WIB

Terpopuler

X