Perawatan Ekstra Ayam Bekisar Saat Cuaca Ekstrim

- Selasa, 24 Agustus 2021 | 21:35 WIB
Ayam bekisar butuh perawatan ekstra saat cuaca ekstrim
Ayam bekisar butuh perawatan ekstra saat cuaca ekstrim

Kicaukicau – Ayam bekisar merupakan salah satu jenis unggas yang rentan sakit ketika menghadapi kondisi cuaca ekstrim seperti saat ini.

Diperlukan perhatian khusus dalam perawatan ayam bekisar dalam kondisi cuaca yang tidak menentu supaya kondisinya tetap prima.

Berikut beberapa tips agar ayam bekisar tetap sehat di segala kondisi cuaca.

Baca Juga: 5 Jenis Penyakit Ayam Akibat Serangan Bakteri

1.Berikan extra fooding berupa jangkrik atau ulat hongkong secara teratur dengan porsi secukupnya.

2.Sajikan ramuan herbal dari air kencur dan madu yang dicampurkan ke dalam wadah pakannya setiap sore.

3.Jika kondisi cuaca cerah jemur ayam bekisar selama beberapa menit dibawah terik matahari pagi jam 08.00 – 10.00 supaya tubuh ayam tetap hangat.

4.Menjaga kualitas suara ayam bekisar tetap jernih, berikan buah pisang kepok dan tomat secara bergantian.

5.Full kerodong sangkar ayam bekisar saat menjelang petang hari.

Ayam bekisar yang sakit ditandai dengan beberapa gejala klinis seperti suara nglokor, nafsu makan hilang, feses berwarna kuning kehijauan atau bercampur material kapur, dan warna jengger menjadi pucat.

Bila tidak segera ditangani tentu saja akan berujung kematian. Namun bukan hal yang mudah untuk memberi obat pada ayam bekisar yang sudah dewasa, apalagi jika nafsu makannya menurun. Berikut tips yang bisa dicoba.

1.Berikan obat cair yang ditetes ke dalam minumnya, namun harus dipantau apakah ayam bekisar tetap mau minum airnya atau justru tidak diminum. Menjelang sore ganti dengan air minum biasa.

2.Mencampurkan obat ke dalam pakan ayam, tapi trik ini kurang efektif sebab nafsu makan ayam sudah menurun. Namun perlu tetap dicoba, bisa jadi dalam kondisi terpaksa ayam masih mau makan.

3.Campurkan obat ke kroto, umumnya ayam bekisar sangat menggemari kroto. Basahi kroto dengan sedikit air kemudian taburkan serbuk obatnya, setelah campuran merata sajikan keayam.

4.Berikan obat dengan menggunakan pipet tetes dan teteskan langsung ke mulut ayam. Cara ini efektif karena obat bisa langsung masuk ke tubuh ayam bekisar.

5.Pemberian obat paling efektif dengan sistem inject atau suntikan langsung ke pembulu darah ayam bila ayam bekisar sakit parah. Cara ini sebaiknya dilakukan oleh dokter hewan untuk menghindari kesalahan fatal.

Editor: Endar Wardhana

Tags

Terkini

X