Kacer Kelana Tanpa Jemur Tetap Moncer

- Selasa, 6 Juli 2021 | 17:10 WIB
Kacer Kelana full ngobra plus ngedruk saat ketemu lawan.
Kacer Kelana full ngobra plus ngedruk saat ketemu lawan.

Kicau Kicau - Kacer Kelana milik Muflikhan merupakan salah satu gaco andalan Brotherhood, resmi di take over dua tahun silam. Kelana memilik karakter tempur full ngobra dan ngedruk satu titik seperti cucak hijau saat di lombakan.  

Selain gaya tempur yang aduhai Kelana juga memiliki materi isian tengkek buto serta srindit. Dua materi tonjolan ini di lagukan berulang kali dengan speed rapat sehingga sering membuat tim juri tidak ragu memberikan bendera koncer.

Perawatan harian Kelana berbeda dengan kacer pada umumnya. Harian Kelana full kerodong tanpa pengembunan, tanpa jemur, tanpa umbaran, dan cukup mandi 1x/minggu. Pakan ekstra fooding hanya jangkrik 3 ekor pagi dan 3 ekor sore hari.

Rio Brotherhood (kedua dari kiri) kawal kacer Kelana.

“Pernah coba jemur dan umbar justru mainnya di lomba kurang maksimal” jelas Rio selaku perawat Kelana. Untuk settingan lomba tetap menggunakan settingan harian atau tidak ada penambahan ekstra fooding. Kecuali saat kondisi cuaca kurang mendukung cukup di tambahkan ulat hongkong 1 – 3 ekor.

Kelana mampu tanding hingga empat sesi dalam satu kali gelaran. Setiap selesai lomba langsung di mandikan untuk meredam emosinya. Selama di lokasi lomba, Kelana wajib di jauhkan dari burung sejenis untuk menjaga kondisinya tetap onfire ketika di gantangkan.

Dengan pola rawatan tersebut Kelana berhasil memiliki puluhan jejak prestasi membanggakan, terbaru meraih gelar nyeri di latber Dewa 99 beberapa waktu lalu.

 

 

Halaman:

Editor: Endar Wardhana

Tags

Terkini

Terpopuler

X