Digitalisasi Bisnis Menghadapi Revolusi Industri di Dunia Hobi

- Jumat, 22 April 2022 | 22:23 WIB
Kevin Naufal Nadhif, S.M., CRP  (Mahasiswa Pascasarjana FE Unisula Semarang)
Kevin Naufal Nadhif, S.M., CRP (Mahasiswa Pascasarjana FE Unisula Semarang)

Kicaukicau-Kemudahan akses  media sosial yang ditunjang internet sekarang ini, banyak di gunakan banyak pelaku bisnis di dunia burung untuk belomba-lomba memasarkan hasil produk terkait asesoris perlengkapan maupun  hasil breeding/penagkaran burung para pelakunya.

Bukan menjadi rahasia publik jika hobi burung berkicau sekarang ini menjadi dunia industri baru untuk para pelaku yang masuk di dalamnya, antara lain para pengrajin asesoris yang berhubungan dengan burung.

Seperti pembuat sangkar dan perlengkapan terkait, pembuat pakan dengan segala racikan dan kualitasnya masing-masing, bahkan sampai dengan Breeder/penangkar berbagai macam burung bisa memanfaatkan kemudahan media sosial yang mudah dapat dijangkau di seluruh dunia.

Baca Juga: Mike Tyson Platinum 51 Dan Ronggeng Duduk Bersanding Di Deretan Tangga Juara dPongs Bird Festival

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media. Sebagai contoh yaitu blog, website, e-mail, adwords, dan berbagai macam jaringan media sosial. (Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan , 2009)

Banyak cara yang dapat di lakukan untuk memperluas jaringan atau membraanding hasil dari pruduk dan hasil breeding/penangkaran para penghobi ini dengan memanfaatkan berbagai teknologi modern seperti, kamera seluler dan video kamera professional.

Data tersebut diolah sedemikian rupa agar bisa menarik para konsumenya dengan cara memanfaatkan platform yang umum di gunakan seperti Facebook, Instagram, Youtube, atau yang lebih professional dapat mengunakan  website/blog  Khusus untuk penagkaran.

Seperti Program Aplikasi  Citizen Science  (Oxford English Dictionary (OED) Juni 2014), yang nantinya dapat digunakan sebagai acuan dasar penelitian dan platform sharing dan promosi tentang budidaya burung.

Tujuan dari branding itu  sendiri adalah untuk membangun pola pikir target marketnya, rasa percaya akan  produk yang di tawarkan. Hal ini sangat penting dan bermanfaat bagi para pelaku bisnis, pengenalan produk yang kuat akan membuat pelanggan lebih percaya dengan produk yang di tawarkan oleh para pelaku usaha dibidang ini.

Halaman:

Editor: Agung Sedayu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Perawatan Burung Branjangan Cepat Gacor

Jumat, 11 Februari 2022 | 09:29 WIB

Sebelum Melombakan Cucak Hijau, Simak Tips Berikut ini

Jumat, 19 November 2021 | 15:52 WIB

Perawatan Sederhana Burung Cucak Cungkok

Selasa, 16 November 2021 | 14:11 WIB

Burung Tledekan Gunung Jarang Bunyi? Coba Tips ini!

Sabtu, 6 November 2021 | 09:47 WIB

Lenyapkan Lemak Indukan Murai Batu

Jumat, 5 November 2021 | 10:55 WIB

Memulihkan Anis Kembang Macet Bunyi

Selasa, 2 November 2021 | 17:15 WIB

Cara Jitu Membuat Burung Mozambik Rajin Bunyi

Jumat, 29 Oktober 2021 | 09:31 WIB

Perhatikan Langkah Ini Sebelum Seting Burung Kacer

Kamis, 28 Oktober 2021 | 19:55 WIB

Perawatan Murai Batu Pastol ala Andy Donk

Kamis, 28 Oktober 2021 | 17:45 WIB
X